Darimana datangnya jamur???

Jamur pada kulit memang bisa mengundang berbagai masalah. Selain merusak estetika, jamur juga bisa mengusik aktivitas kamu loh . . .
            Bicara soal jamur, jangan cuma bayangkan semangkuk sup jamur yang sedap. Bukan, bukan itu. Jamur yang qt maksud di sini adalah jamur yang berukuran mikro, yang bersifat sebagai benalu pengusik keindahan kulit.
Jamur(fungi) bisa tumbuh ditubuh manusia-biasanya mengenai daerah-daerah kulit, kulit kepala,kaki, kuku tangan,dan kuku kaki seta dinding lembab pada mulut dan vagina.
Istilah ‘tinea’ digunakan untuk sebagian besar infeksi jamur pada kulit yang juga dikenal dengan  ringworm (mengenai kulit dianggota badan atau kulit kepala),  athlete’s  foot dan jock itch (pada sela-sela paha).
Fungi yang menyebabkan tinea bisa membuat kulit menjadi kemerahan, bersisik, lembab dan kadang terasa gatal atau nyeri. Fungi memerlukan lingkungan  yang hangat dan lembab untuk tumbuh dengan baik,seperti kulit yang berkeringat pada sela-sela paha dan sela antara jari kaki. Daerah kulit lainnya, mungkin tinea akan menimbulkan bercak kemerahan dengan warna pucat di tengahnya, atau misalnya pada kulit kepala, akan menyebabkan peradangan (inflamasi), bengkak, yang kemungkinan akan disertai dengan kerontokkan rambut ( sering timbul pada anak-anak ).
Asal Fungi
Fungi bisa kamu dapat dari binatang peliharaan, tanah atau orang-orang sekitar kamu (biasanya melalui kontak dengan tempat yang sudah terinfeksi, seperti lantai kamar mandi).
Fungi dapat tumbuh ditubuh kamu tak terdeteksi sampai fungi ini memperbanyak diri yang menimbulkan warna kemerahan atau rasa sakit pada kulit.
Cara menghilangkannya???
o   Oleskan krim/lotion anti jamur yang diresepkan dokter
o   Jaga agar kulit kamu sekering dan sebersih mungkin dengan cara mandi setiap hari, dan jangan lupa mengeringkan sela-sela jari kaki dan setiap lipatan kulit.
o   Kenakan kaos kaki dan baju yang terbuat dari bahan wool, katun dan serat sintetik jenis baru.
o   Bersihkan lantai kamar mandi secara teratur.
o   Cuci kaos kaki, handuk, keset kamar mandi dengan air hangat (> 60C) dan keringkan.
o   Tidak memakai handuk atau baju orang lain.

Pada prinsipnya, kesehatan tubuh secara keseluruhan penting diperhatikan. Karena bagaimanapun, kebersihan adalah pangkal kesehatan. fam

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates