Permen Karet



Tau kah sobat???

kalo ternyata, permen karet itu udah ada sejak 5rb tahun lalu lo . . .???

gini2 . . .

sebenaranya permen karet udah dikunyah manusia sejak 5rb tahun lalu, Bangsa Finlandia mungkin yang jadi pelopornya . . .?!

Mahasiswi arkeologi dari Universitas Derby, Inggris menemukan kunyahan pada gumpalan permen karet yang mungkin tertua didunia saat ini. Gumpalan karet dari zaman Neolitikum itu ditemukan "Sarah Pickin" (23), nama mahasiswi tersebut, dalam sebuah penggalian di desa zaman batu di Pusat Zaman Batu Kierkki.

"Temuan ini sangat penting artinya karena bekas gigitan terlihat jelas di permukaannya", ujar Trevor Brown, pembimbing Pickin & 4 mahasiswa arkeologi lainnya.
Saat itu, org  mungkin sudah menggunakannya sebagai antiseptik untuk mencegah gigi berlubang karena karet tersebut mengandung fenol.

Kebiasaan mengunyah permen karet sangat disukai di Finlandia sejak salah seorang ilmuwan menemukan kandungan xylitol pada permen karet. Pemanis alami ditambahkan pada permen karet tersebut berasal dari jaringan pohon birch, sejenis oak, yang berguna mencegah kerusakan gigi.

Menurut informasi Asosiasi Dokter Gigi Inggris, makan permen karet bebas gula setelah makan akan merangsang produksi ludah yang membersihkan rongga mulut.

Namun, bangsa Finlandia kuno sepertinya juga menggunakan permen karet sebagai penamba perkakas yang retak/patah. misalnya: untuk nyambung anak panah/tembikar yang pecah.

So, basi sobat2 q....
penggemar permen karet, hal tersebut adalah berita gembira, . . .
tapi ingat.......!
jangan buang sampahnya sembarangan ya . . . !

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates